Dalam rangka menciptakan kondisi dan situasi sekolah yang memungkinkan siswa sekolah dasar dapat mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien, maka seluruh sumber daya pendidikan yang ada perlu dikelola dan didayagunakan seoptimal-optimalnya. Sumberdaya pendidikan berupa manusia, dana, sarana prasarana, dan lain lainya harus diorganisir, diinteraksi, dikoordinasi, dan diarahkan untuk mencapai tujuan pendidikan. Hal ini dapat dicapai apabila Kepala Sekolah berkemauan dan mampu menjalankan fungsi manajemen pendidikan dengan baik.
Manajemen pendidikan dapat diartikan sebagai segala yang berkenaan dengan pengelolaan proses pendidikan untuk mencapai tujuan sekolah. Tanpa manajemen yang baik tidak mungkin tujuan pendidikan ataupun tujuan sekolah dapat diwujudkan secara optimal, efektif, dan efisien.
Salah satu komponen sekolah yang tidak boleh dipandang ringan yang harus dikelola secara baik dan sungguh-sungguh adalah sarana dan prasarana. Bagaimana mendayagunakan sarana dan prasarana yang ada dalam kondisi dan situasi masing-masing sekolah atau bahkan dapat ditingkatkan atau dapat dikembangkan dengan kreatifitas warga sekolah utamanya Kepala sekolah selaku pengelola sekolah, dengan dana maupun faktor pendukung yang lain.
Sekolah sebagai tempat proses pembelajaran diharapkan merupakan tempat yang sangat dibutuhkan oleh warga belajar maupun pengajar atau warga sekolah umumnya, merupakan tempat yang menyenangkan, memicu kerinduan untuk selalu datang dan berada di tempat tersebut. Oleh karenanya sangat diperlukan adanya penataan fisik sekolah, sarana prasarana yang dapat memberikan dampak positif warga sekolah, ramah anak, dan ramah lingkungan.
Tujuan SBL yang lain adalah terciptanya situasi dan kondisi belajar yang mantap, menjadikan sekolah adalah tempat yang sangat dibutuhkan dan dirindukan oleh semua warga sekolah karena adanya penataan yang menunjang proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat misalnya pada penataan ruang-ruang belajar, ruang-ruang fasilitas yang lain, penataan taman atau potisasi tidak saja sebagai pengindahan lingkungan belajar, namun juga sebagai sumber belajar atau laboratorium luar.
No comments:
Post a Comment